Bagian-bagian Komputer
Bagian-Bagian Komputer telah dibagi menjadi beberapa bagian :
- Monitor
- CPU
- Printer
- Speaker
- Keyboard
- Mouse
Bagian-bagian ini saling dihubungkan dan menjadi suatu kesatuan :
- Monitor : Dihubungkan dengan Stop Kontak dan CPU
- CPU : Dihubungkan dengan Stop kontak dan Monitor
- Mouse : Dihubungkan dengan CPU
- Speaker : Dihubungkan dengan CPU dan Stop kontak
- Printer : Dihubungkan dengan CPU dan Stop Kontak
- Keyboard : Dihubungkan dengan CPU
Ini Penjelasan tentang Bagian-Bagian tersebut :
- Monitor
Pengertian monitor komputer
Monitor Komputer
Adalah sebuah media output/ alat pengeluaran berbentuk gambar visual yang berasal dari sinyal elektronik komputer.
Karena merupakan media visualisasi tampilan sistem operasi,
penggunaan monitor pada komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat penting dalam menampilkan pemrosesan data dan hasil dari pemrosesan tersebut.
penggunaan monitor pada komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat penting dalam menampilkan pemrosesan data dan hasil dari pemrosesan tersebut.
Setiap merek, tipe dan ukuran monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda.
Resolusi inilah yang menentukan ketajaman gambar yang tampil pada monitor.
Sedangkan untuk jenis-jenisnya, monitor dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:
1. 1. Monitor Tabung sinar kathoda
Monitor ini merupakan sebuah tabung penampilan data pemrosesan komputer yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop.
Monitor tipe ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braund, dan dikembangkan oleh kerja dari Philo Farnsworth.
Layar
seperti ini banyak dipakai oleh pesawat televise hingga akhir abad ke
20-an dan merupakan dasar pengembangan dari layar plasma, LCD dan
teknologi TV lainnya.
2. 2. Monitor LCD
Monitor LCD adalah sebuah jenis media visual yang menggunakan Kristal cair sebagai penampil utamanya.
Layar LCD ini digunakan pada berbagai alat elektronik, seperti televise, kalkulator, hp dan layar komputer.
Layar LCD saat ini telah mendominasi pemakaian layar pada komputer meja maupun notebook,
karena memiliki keunggulan yakni membutuhkan daya listrik rendah, bentuk tipis, mengeluarkan sedikit
panas dan memiliki tingkat resolusi yang tinggi
Monitor plasma adalah layar datar emisif yang cahaya tampilannya dihasilkan oleh phosphor
yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma.
Sedangkan gas yang dilepaskan tidak mengandung merkuri
4. Monitor OLED ( Organic Light Emitting Diode)
Monitor OLED adalah layar yang menggunakan sebuah bahan semikonduktor sebagai
pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik.
OLED ini banyak digunakan pada teknologi eletroluminensi seperti pada aplikasi layar dan sensor.
- CPU
CPU,
singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari
perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada
umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit
terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak
pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini
telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur
jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas
mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen
dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung
jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama
dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan
mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari
pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk
disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan
demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses
cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi
yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan
untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan
selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai
ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual,
sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi
ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan
mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi
aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU
sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua
bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing
memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah
melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai
dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan
dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut
adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika
sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama
dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama
dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan
(³ ).
* CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan
komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan
juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem
lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama
sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk
instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila
berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk
menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi
dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register,
sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di
Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari
Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal
ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang
dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih
operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya
ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka
Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk
ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah
selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari
Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari
Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
Fungsi CPU
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya
pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika
dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi
yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik,
pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan
sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut
dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan,
seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam.
Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada
memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik
yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data
pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit
yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data
kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai
pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian
berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi
dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam
sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil
kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi
tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian
kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil
pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register
apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi,
sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan
memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut
dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
Bagian-bagian Komputer adalah :
- Papan Motherboard
- Papan Pentium
- Land Card
- VGA Card
- Floppy Disc
- Hard Disc
- CD-Room
- Memori
- ISA
- PCI
- AGP
- Baterai
- RAM
- ROM
- Kipas Pendingin
- Power Supply
- Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang
berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar
dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada
tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer
Laser jet.
berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut.
Jenis Printer Dot Matrik
jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya
menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik
yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil
cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis
printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam
satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin
berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan
lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal
adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan
lain-lain.
Jenis Ink Jet
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya
menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer
Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot
metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan
warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu
dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui
nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang
dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan
menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung
tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle
yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta
cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis
printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi
dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada
bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan
pada bagian pencetak di mesin printer.
Jenis Laser Jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode
pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan
menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus
jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet,
printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan
hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada
mesin photo copy.
- Speaker
memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai
bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker
tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap
bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.
Fungsi
speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari
perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses
pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut
dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam
kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan
kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan
pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita
dengarkan.
Pada
umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi
yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut
woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut
midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut
twitter.
Speaker yang kita jumpai pada perangkat komputer pada umumnya sudah dilengkapi dengan audio sistem yang ada didalamnya. Sedangkan speaker pada pesawat radio, televisi, dan perangkat lainnya biasanya berupa speaker terpisah tanpa penguat audio.
- Keyboard
Keyboard komputer Adalah salah satu bagian yang paling penting
dari sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah, teks,
data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol padakeyboard.
Seorang
pengguna berbicara dengan komputer melalui perangkat input
seperti keyboard dan mouse. Perangkat input digunakan untuk memasukkan
data ke komputer. Data yang dimasukkan kemudian diubah ke dalam bahasa
mesin sehingga CPU mengerti data atau instruksi datang melalui alat
input.
Desain Keyboard
Keyboard sebagian
besar komputer memiliki eksterior plastik dan serangkaian tombol
plastik yang bergerak secara independen. Kurung plastik kecil jangkar
tombol-tombol di tempat di atas sebuah papan sirkuit yang ditutupi dalam
membran karet kedap air. Sebagian besar produsen keyboard yang
menggunakan desain yang menampilkan kubah karet kecil di bawah setiap
tombol. Sisi ini kubah cukup fleksibel untuk memungkinkan kunci mudah
menekan tapi cukup kuat untuk memaksa masing-masing kembali kunci ke
posisi semula setelah menekan. Pusat-pusat ini kubah yang kaku dan
sering terbuat dari karbon, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan
sirkuit listrik terpisah ketika mereka ditekan. Sebuah sirkuit terpisah
diposisikan di bawah setiap tombol pada papan sirkuit.
Beberapa keyboard pricier fitur desain yang lebih tahan lama dengan
kemampuan keystroke lebih tepat. Disebut keyboard kapasitif, desain ini
tidak fitur sirkuit listrik yang pernah benar-benar selesai.
Sebaliknya, matriks keyboard yang diberi aliran listrik konstan yang
merata di antara tombol. Ketika tombol ditekan, sebuah elektroda di
bagian bawah tombol tersebut akan dipindahkan lebih dekat ke bawah
sirkuit yang lebih besar panel, menyebabkan lonjakan daya dalam bagian
salah satu matriks keyboard. Meskipun sirkuit tidak pernah sepenuhnya
selesai, keyboard mampu mengenali lonjakan listrik dan penentuan
lokasinya di matriks.
Input Data
Ketika
tombol ditekan, ia akan mengirimkan sinyal listrik ke prosesor yang
dibangun ke dalam keyboard. Hal ini dapat terjadi ketika sebuah
rangkaian listrik selesai, seperti dalam kasus desain kubah karet, atau
dapat terjadi bila gelombang
listrik terjadi pada keyboard kapasitif. Tetapi ketika sinyal ini
mencapai prosesor, prosesor ini tidak segera menyadari surat yang
sebenarnya, jumlah simbol yang telah diinput. Hanya menyadari lokasi
tombol ditekan pada grid keyboard. Untuk menentukan karakter
penggunakeyboard yang diinginkan, lokasi di grid dibandingkan dengan
peta karakter yang tersimpan dalam memorikeyboard. Sebuah pertandingan
antara lokasi dan karakter pasti cepat didirikan, di mana
titik keyboardmengirimkan data ke komputer.
Pengolahan Data
Dari
sisi prosesor, data input melewati buffer internal dalam
memori keyboard dan kemudian ke komputer, baik melalui kabel internal,
kabel USB, PS / 2 kabel atau sinyal inframerah. Setelah data mencapai
komputer itu sendiri, sebuah sirkuit terintegrasi berjalan melewati
sistem operasi komputer. Sistem operasi menentukan apakah input adalah
perintah tingkat sistem, yang merupakan keystroke atau kombinasi dari
penekanan tombol yang ditunjuk untuk melakukan fungsi sistem utama
daripada mereka yang spesifik untuk setiap aplikasi yang mungkin
berjalan. Sistem perintah tingkat dilakukan secara langsung, dan semua
perintah lainnya diteruskan ke aplikasi berjalan saat ini. Aplikasi
perangkat lunak kemudian menafsirkan apakah input adalah perintah
aplikasi atau konten pengguna, dan melakukan fungsi pengguna yang
diinginkan.
Jenis Keyboard
Keyboard komputer datang dalam beberapa tipe dan variasi, namun, elemen-elemen dasar yang sama di semua keyboard.
Jenis yang paling umum termasuk
- 101 atau 102-Key Keyboard ditingkatkan (ini adalah jenis populer keyboard sekarang digunakan hampir di semua unit sistem)
- 104-Key Keyboard
Umumnya,
jenis layout keyboard yang disebut QWERTY (mengambil nama dari enam
huruf pertama dari tombol mengetik) digunakan secara luas untuk keyboard
bahasa Inggris.
Fungsi Dan Bagian Keyboard
Typing area
Ini terlihat dan diatur seperti mesin ketik tradisional di mana Anda menekan tombol abjad. Ini memegang karakter abjad seperti surat, karakter khusus dan angka. Ini adalah daerah yang Anda gunakan terutama ketika Anda melakukan pengolahan kata.
Fungsi tombol
Tombol fungsi yang terletak di bagian atas keyboard dan dikelompokkan menjadi empat. Ada 12
fungsi tombol mulai dari F1 sampai F12. Tombol ini digunakan untuk
tujuan khusus dan kebanyakan programmer menggunakan tombol ini untuk
melakukan tugas tertentu.
Misalnya, jika Anda menulis teks dengan Microsoft Word dan
ingin membaca Help, Anda dapat menekan F1 untuk menampilkan Bantuan.
Tombol F5 akan menampilkan Cari dan Ganti kotak dialog. Tombol F12 akan
menampilkan kotak dialog Save As.
Tombol
ini digunakan berbeda lagi di aplikasi lain, misalnya, jika Anda adalah
pengguna dari AutoCAD, menekan F2 akan menampilkan jendela teks
AutoCAD.
Demikian
pula, Anda dapat memeriksa semua kunci dan bagaimana mereka
melaksanakan tugas tertentu tergantung pada jenis aplikasi yang Anda
jalankan. Sebagian besar aplikasi akan memberitahu padamanual dan panduan bagaimana tombol-tombol fungsi yang digunakan dalam aplikasi.
Umumnya,
fungsi tombol akan sangat menguntungkan Anda jika Anda tahu bagaimana
menggunakannya dengan baik. Lebih lanjut tentang cara
pintas keyboard komputer ...
Tombol angka
Keypad
numerik adalah bagian lain dari keyboard komputer. Biasanya, terletak
di sisi kanan keyboard. Hal ini diatur seperti kalkulator standar yang
digunakan untuk memasukkan data numerik.
Hal
ini juga dapat digunakan sebagai tombol arah. Menekan tombol Num Lock
di atas tombol numerik akan memberitahu apakah tombol berada pada mode
angka atau pengarah. Jika aktif, maka pada mode numerik dan dapat
memasukkan angka. Jika tidak aktif, itu adalah pada modus terarah dan
hanya digunakan untuk memindahkan kursor di layar UP, Bawah, Kiri atau
Kanan.
Kursor kontrol dan monitor
Ini adalah kunci ditemukan antara keypad mengetik dan keypad numerik. Ini memiliki dua kelompok kunci, diatur atas dan bawah.
Tombol atas memegang Insert, Home, Page Up, Page Down, Hapus, dan tombol End.
Masukkan
switch utama antara insert dan mode overtype. Tombol Home akan membawa
Anda kembali pada awal halaman. Page Up dan Page Down kunci membantu
Anda untuk memindahkan satu halaman atau layar atas atau bawah. Hapus
menghapus kunci teks atau halaman. Tombol Putus akan membawa Anda pada
akhir halaman.
Tombol
bawah adalah tombol arah independen, yang memungkinkan Anda untuk
memindahkan kursor Kiri, Kanan, Atas dan Bawah. Status lampu, tombol
Escape, Print Screen / SysRq, Scroll Lock, Pause / Break adalah pengguna
untuk fungsi sering.
Misalnya,
jika Anda menekan tombol Caps Lock pada keypad mengetik, itu Caps Lock
Lampu Status memberitahu Anda bahwa hidup dan bisa mengetik huruf Modal.
Anda menekan tombol Print Screen jika Anda ingin menyimpan Window saat
ini sebagai gambar.
Ini adalah bagian ditemukan di keyboard komputer standar dan banyak digunakan di komputer desktop.
Laptop dan Notebook jenis keyboard yang lebih kompak, tetapi baru-baru
kita mulai melihat laptop yang telah mendedikasikan keypad numerik juga.
Selain bagian-bagian
di atas, beberapa keyboard menggabungkan tombol tambahan. Tombol-tombol
ini digunakan untuk mengaktifkan tindakan seperti tombol musik (play, pause, maju, mundur, berhenti dan bisu), bluetooth, e-mail dan sebagainya.
- Mouse
Pengertian
dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke
komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse?
jawabannya adalah karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus.
Selain itu, kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya
mirip dengan ekor tikus. Sebagai tambahan informasi bagi pengetahuan
kita, komputer pertama yang dijual satu paket bersama dengan mouse
adalah jenis Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Walaupun saat
ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad
dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan
touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih
menggunakan mouse daripada touchpad.
Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse:
- Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
- Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
- Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0.
- Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
- Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
- Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
- Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
- Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
- Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter
- Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek
- Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar